Senin, 04 Mei 2015

manajemen lembaga pendidikan



TUGAS MAKALAH MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN
TENTANG
“PERMASALAHAN YANG ADA DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL”

                                                       
Dosenpembimbing :
Drs. Said Tuhuleley,MM
Di susunoleh :
AlfianNurulRatri
20130720095


JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
KATA PENGANTAR

Segala puja danpujisyukuratasrahmatdankarunia-Nya, sehinggapenulisdapatmenyelesaikantugasMajemenLembagaPendidikanini yangmengangkattopik“ Permasalahan yang ada di SMA MuhammadiyahBantul”. Sholawatdansalamsemogatetaptercurahkankepadajunjungankita, NabibesarMuhammad SAW dansemogakitamenjadipengikutnya yang setiadanmengikutisunnahnyasampaiajalmenjemputkita.
PenulisucapkanterimakasihtakterhinggakepadaBapakDrs. Said Tuhuleley,MMselakudosenmatakuliah“ManajemenLembagaPendidikan” yang selamainimemberikontribusibesarkepada kami, mahasiswajurusan“Pendidikan Agama Islam”, dalammemahamimatakuliah “ManajemenLembagaPendidikan”.
Penulismenyadari, masihbanyakkekurangandalampenulisanmakalahini.Untukitu,kritikdan saran yang membangunsangat kami harapkandalamupayamenjadikanpenulisanmakalahinimenjadilebihbaik.
           
Yogyakarta, 20 Januari 2015

                                                                                                           Penulis




Dari penelitian/observasiyang telah kami laksanakan di SMA MuhammadiyahBantulbersamatimkelompok, mengenai program kerjadankegiatan yang direncanakansekolahtersebutdalamupayamencapaitujuan yang telahditetapkan. Padawaktuitubanyaksekali data daninformasi yang kami peroleh, salahsatunyatentanghambatan yang terdapatdidalamsekolahtersebut.
Sekolahitusudah lama berdiri di daerahbantul yang dikelolaolehyayasan, danseiringberlalunyatahunjugamembawadampakpadapenamaansekolah.Kabarnyasihsekolahituakanbergantinamalagitapientahkebenarannyabagaimana, kitalihatsajasendiri. SMA MuhammadiyahBantulinidipimpinolehBapak Human Saptaputra, selakukepalasekolahdisana.
Sejarahsekolahinidulunya, sekitarbelasanbahkanpuluhantahun yang lalumerupakansekolahterfavoritbagiparasiswabaruyang akanmelanjutkanSekolahMenengahAtashinggasampaimelebihijumlahkuota yang ditargetkan. Karenapadazamandahulusekolahan yang beradadi daerahbantulhanyalahsekolahswastaini,selainituletaknya yang strategisdantidakterlalumenyempilkedaerah-daerah yang susah di cariolehmasyarakat. Makadariitusekolahinimampumenciptakanlulusan yang terbaikdanhandalpadazamannya.
Berbedapadazamansekarangini, pilihansekolahinibukanlagimenjadipilihanutamabagiparasiswa yang hendakmelanjutkan di jenjangSekolahMenengahAtas, bahkansekolahinimenjadipilihannomersekiansetelahparasiswabaruitutidakditerima di sekolah-sekolahternamaataupunsekolah yang merekaimpikan. Mengapaterjadisepertiitu? Nah permasalahanakanpenulisbahasdalammakalahini.
1.      Apapenyebabterjadiperubahanperekrutandanminatparasiswabaru di sekolahini ?
Banyaksekali yang terjadidalamperubahanperekrutansiswabaru di sekolahini, jumlahsiswa yang masuksemakintahunbukansemakinmeningkatnamunmalahsemakinberkurang. Ada beberapafaktoreksternaldan internal, antara lain mulaidariFaktorEksternal :
Pertama,Banyakdidirikannyasekolah-sekolah di sekitarBantul, seperti SMK Muh, SMK N Manding, SMA N Bantul, MAN Gandekandll. Yang menurutmasyarakatlebihlayakmenyekolahkananak-anaknya di sekolah-sekolahtersebut.
Kedua,Adanyaanggapanmasyarakatbahwasekolahinitidakbaiklagiuntukanak-anaknya, namunjugaada yang masihmempercayaibahwasekolahinimampumendidikanaknyadenganbaik.
FaktorInternal :
Pertama,Kurangnyausaha yang dilakukansekolahdalammerekrutataupunmengkoordinasikandenganmasyarakatsekitar.
Kedua,Tercemarnyanamabaiksekolahiniakibatadanyatindakdansikapparamurid yang tidakbaik (kenakalanremaja). Sehinggamenimbulkanbanyaksekali orang mengenalsekolahinikarenasikaptidakbaiknya.Padahaldulunyasekolahiniterkenaldenganlulusan yang handalmenjadi orang suksesdalamduniaAngkatanmaupunKepolisian.
Ketiga,Kurangnyasaranadanprasarana yang memadai di sekolahini.
2.      Apakahadakesalahanpadasistemlembaganyaataupadakepemimpinannya?
Dilihatdaripermasalahan yang dihadapidandenganbegitubanyakhal-hal yang seharusnyatidakterjadidalamsekolahini.Makadari data yang diperolehbahwasistem yang adapadasekolahtersebutsudahcukupbaik, hanyasajaadabeberapakendala yang terdapat di sekolahini.Sepertipadasaranadanprasarana, prasarananyasudahbaikhanyasajapadasarananyaitumasihterbilangkurangmemadai.SehinggamenyebabkanmenjadikurangefektifnyadalammelangsungkanKegiatanBelajarMengajar.
Mungkininikarenadampakdariadanyabiayaoperasional yang terbilangsangatmurah di kalanganswasta, bagaimanatidak?Masuk di sekolahswastaumumnyamelebihibiayadarisekolah-sekolahnegeri, tapitidakuntuksekolahini.Kalian jugamengetahuibahwasekolahswastaituadalahsekolah yangberdirisendiridandi kelolaolehyayasan.Nah kalaubiayaoperasionalnyasajamurahbagaimanabisamemenuhisaranapadasekolahtersebut.Makatidakheranapabilaadanyapermasalahandalammenjalankan KBM.
Kalaudilihatdarisegikepemimpinannya, menurutsayakepemimpinan di sekolahinisudahbaik.Pemimpintelahmelaksanakankewajibannyadenganbaik.Kepalasekolahsetiapbulannyamengadakanevaluasiterhadapkinerjaparatenagapendidikdanjugaevaluasikepada KBM.Kepalasekolahselainmemberikanmotivasi-motivasikepadaparastafnyajugamemberikanmotivasikepadaparasiswasetiap kali upacaraberlangsung.Selainitu, kepalasekolahjugatelahmelaksanakandenganbaikkeorganisasian yang ada di sekolahini.Menjalinsilaturhamidenganparastafdankaryawandengandiadakannyapengajianrutin.
3.      Bagaimanaupayasekolahdalammenghadapipersoalantersebut?
Sekolahdalammenghadapipersoalantersebuttidaksekedarmengambiljalankeluarnamunjugamemeriksakeseluruhansistem yang digunakanselamaini, kemudianjugamengevaluasihasilkerjapadakepemimpinan.Banyak yang dilakukansekolahinidalamupayamembenahisistem agar menjadisekolah yangbaikdanmempunyainamabaiklagi di dalampandanganmasyarakat.
Salah satuupaya yang dilakukanyaitudenganmemeperbaikiataumeningkatkanSumberDayaManusia (SDM) yang ada di sekolahini, agar dapatmemberikanpelayananpendidikan yang baiksehinggatenaga-tenagaataupunparastaf yang adatetapungguldanmemilikisemangatkeunggulan.Sepertidilakukannyapelatihan, seminar, work shop dll.Lalumeningkatkanmutu KBM (KegiatanBelajarMengajar), karena KBM sangatmempengaruhibaikburuknya output.Makadariitudilakukannyaberbagai model pembelajaran, metodedanpendekatanpembelajaranbaikditunjangdengansarana , mediadanperagapendidikan yang memadai. LalupeningkatanpadaSaranadanPrasarana, karenamerupakansuatukompenen yang sangatdibutuhkandalamkelancaran KBM.
Selainitusekolahjugamemberikanlayanan-layanan yang khusus, sepertipadapemberianbeasiswabagisiswa yang kurangmampu, memberikanpelayanankesehatanbagisemuakeluarga SMA MuhBantultermasukstaf, karyawandanmuridkarenabekerjasamadengan RS PKU Bantul, mempromosikansekolahinikesekolah-sekolahmenengahpertamadenganmemberikan seminar dll, mempertegasdanmembenahitatacaramendidikmurid agar muridlebihbisaberfikirpositifdantekundalambelajar.
Kemudiansekolahinijugamemberikan program baruyaituadanyakelaskhususbagisiswa yang inginatausuka di teknik, laluadanya boarding school yang bekerjasamadenganpihakMu’alimin. Denganadanyapenambahan program inisejauh yang penulisketahuisudahmenunjukkanadanyaperkembangan yang baikdalammenumbuhkankepercayaanterhadapmasyarakatdanminatparasiswabaru.Hanyasajaboardingschoolinibaruberjalansekitarsatutahun, dansejauh yang saya tau merekaatauparamurid yang ikut boarding school sudahmerasakannyamandengankegiatantersebut.
Begitulahpenulismemaparkananalisisnya, semogaapa yang adadalammakalahinidapatmemberikaninformasiataugambarantentangpermasalahan yang adapada SMA MUHAMMADIYAH BANTUL ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar