TUGAS MAKALAH MANAJEMEN LEMBAGA
PENDIDIKAN
TENTANG
“PERMASALAHAN YANG ADA DI SMA
MUHAMMADIYAH BANTUL”
Dosenpembimbing
:
Drs.
Said Tuhuleley,MM
Di
susunoleh :
AlfianNurulRatri
20130720095
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS
AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
KATA PENGANTAR
Segala
puja danpujisyukuratasrahmatdankarunia-Nya, sehinggapenulisdapatmenyelesaikantugasMajemenLembagaPendidikanini
yangmengangkattopik“ Permasalahan yang ada di SMA MuhammadiyahBantul”. Sholawatdansalamsemogatetaptercurahkankepadajunjungankita,
NabibesarMuhammad SAW dansemogakitamenjadipengikutnya yang setiadanmengikutisunnahnyasampaiajalmenjemputkita.
PenulisucapkanterimakasihtakterhinggakepadaBapakDrs.
Said Tuhuleley,MMselakudosenmatakuliah“ManajemenLembagaPendidikan”
yang selamainimemberikontribusibesarkepada kami, mahasiswajurusan“Pendidikan
Agama Islam”, dalammemahamimatakuliah “ManajemenLembagaPendidikan”.
Penulismenyadari,
masihbanyakkekurangandalampenulisanmakalahini.Untukitu,kritikdan saran yang
membangunsangat kami harapkandalamupayamenjadikanpenulisanmakalahinimenjadilebihbaik.
Yogyakarta,
20 Januari 2015
Penulis
Dari
penelitian/observasiyang telah kami laksanakan di SMA MuhammadiyahBantulbersamatimkelompok,
mengenai program kerjadankegiatan yang direncanakansekolahtersebutdalamupayamencapaitujuan
yang telahditetapkan. Padawaktuitubanyaksekali data daninformasi yang kami
peroleh, salahsatunyatentanghambatan yang terdapatdidalamsekolahtersebut.
Sekolahitusudah
lama berdiri di daerahbantul yang dikelolaolehyayasan,
danseiringberlalunyatahunjugamembawadampakpadapenamaansekolah.Kabarnyasihsekolahituakanbergantinamalagitapientahkebenarannyabagaimana,
kitalihatsajasendiri. SMA MuhammadiyahBantulinidipimpinolehBapak Human
Saptaputra, selakukepalasekolahdisana.
Sejarahsekolahinidulunya,
sekitarbelasanbahkanpuluhantahun yang
lalumerupakansekolahterfavoritbagiparasiswabaruyang
akanmelanjutkanSekolahMenengahAtashinggasampaimelebihijumlahkuota yang
ditargetkan. Karenapadazamandahulusekolahan yang beradadi daerahbantulhanyalahsekolahswastaini,selainituletaknya
yang strategisdantidakterlalumenyempilkedaerah-daerah yang susah di
cariolehmasyarakat. Makadariitusekolahinimampumenciptakanlulusan yang
terbaikdanhandalpadazamannya.
Berbedapadazamansekarangini,
pilihansekolahinibukanlagimenjadipilihanutamabagiparasiswa yang
hendakmelanjutkan di jenjangSekolahMenengahAtas,
bahkansekolahinimenjadipilihannomersekiansetelahparasiswabaruitutidakditerima
di sekolah-sekolahternamaataupunsekolah yang merekaimpikan.
Mengapaterjadisepertiitu? Nah permasalahanakanpenulisbahasdalammakalahini.
1.
Apapenyebabterjadiperubahanperekrutandanminatparasiswabaru
di sekolahini ?
Banyaksekali yang
terjadidalamperubahanperekrutansiswabaru di sekolahini, jumlahsiswa yang
masuksemakintahunbukansemakinmeningkatnamunmalahsemakinberkurang. Ada
beberapafaktoreksternaldan internal, antara lain mulaidariFaktorEksternal :
Pertama,Banyakdidirikannyasekolah-sekolah
di sekitarBantul, seperti SMK Muh, SMK N Manding, SMA N Bantul, MAN Gandekandll.
Yang menurutmasyarakatlebihlayakmenyekolahkananak-anaknya di
sekolah-sekolahtersebut.
Kedua,Adanyaanggapanmasyarakatbahwasekolahinitidakbaiklagiuntukanak-anaknya,
namunjugaada yang masihmempercayaibahwasekolahinimampumendidikanaknyadenganbaik.
FaktorInternal
:
Pertama,Kurangnyausaha
yang dilakukansekolahdalammerekrutataupunmengkoordinasikandenganmasyarakatsekitar.
Kedua,Tercemarnyanamabaiksekolahiniakibatadanyatindakdansikapparamurid
yang tidakbaik (kenakalanremaja). Sehinggamenimbulkanbanyaksekali orang
mengenalsekolahinikarenasikaptidakbaiknya.Padahaldulunyasekolahiniterkenaldenganlulusan
yang handalmenjadi orang suksesdalamduniaAngkatanmaupunKepolisian.
Ketiga,Kurangnyasaranadanprasarana
yang memadai di sekolahini.
2.
Apakahadakesalahanpadasistemlembaganyaataupadakepemimpinannya?
Dilihatdaripermasalahan yang
dihadapidandenganbegitubanyakhal-hal yang
seharusnyatidakterjadidalamsekolahini.Makadari data yang diperolehbahwasistem
yang adapadasekolahtersebutsudahcukupbaik, hanyasajaadabeberapakendala yang
terdapat di sekolahini.Sepertipadasaranadanprasarana,
prasarananyasudahbaikhanyasajapadasarananyaitumasihterbilangkurangmemadai.SehinggamenyebabkanmenjadikurangefektifnyadalammelangsungkanKegiatanBelajarMengajar.
Mungkininikarenadampakdariadanyabiayaoperasional
yang terbilangsangatmurah di kalanganswasta, bagaimanatidak?Masuk di sekolahswastaumumnyamelebihibiayadarisekolah-sekolahnegeri,
tapitidakuntuksekolahini.Kalian jugamengetahuibahwasekolahswastaituadalahsekolah
yangberdirisendiridandi kelolaolehyayasan.Nah
kalaubiayaoperasionalnyasajamurahbagaimanabisamemenuhisaranapadasekolahtersebut.Makatidakheranapabilaadanyapermasalahandalammenjalankan
KBM.
Kalaudilihatdarisegikepemimpinannya,
menurutsayakepemimpinan di sekolahinisudahbaik.Pemimpintelahmelaksanakankewajibannyadenganbaik.Kepalasekolahsetiapbulannyamengadakanevaluasiterhadapkinerjaparatenagapendidikdanjugaevaluasikepada
KBM.Kepalasekolahselainmemberikanmotivasi-motivasikepadaparastafnyajugamemberikanmotivasikepadaparasiswasetiap
kali upacaraberlangsung.Selainitu,
kepalasekolahjugatelahmelaksanakandenganbaikkeorganisasian yang ada di
sekolahini.Menjalinsilaturhamidenganparastafdankaryawandengandiadakannyapengajianrutin.
3.
Bagaimanaupayasekolahdalammenghadapipersoalantersebut?
Sekolahdalammenghadapipersoalantersebuttidaksekedarmengambiljalankeluarnamunjugamemeriksakeseluruhansistem
yang digunakanselamaini,
kemudianjugamengevaluasihasilkerjapadakepemimpinan.Banyak yang
dilakukansekolahinidalamupayamembenahisistem agar menjadisekolah yangbaikdanmempunyainamabaiklagi
di dalampandanganmasyarakat.
Salah satuupaya yang
dilakukanyaitudenganmemeperbaikiataumeningkatkanSumberDayaManusia (SDM) yang
ada di sekolahini, agar dapatmemberikanpelayananpendidikan yang
baiksehinggatenaga-tenagaataupunparastaf yang
adatetapungguldanmemilikisemangatkeunggulan.Sepertidilakukannyapelatihan,
seminar, work shop dll.Lalumeningkatkanmutu KBM (KegiatanBelajarMengajar),
karena KBM sangatmempengaruhibaikburuknya
output.Makadariitudilakukannyaberbagai model pembelajaran,
metodedanpendekatanpembelajaranbaikditunjangdengansarana , mediadanperagapendidikan
yang memadai. LalupeningkatanpadaSaranadanPrasarana,
karenamerupakansuatukompenen yang sangatdibutuhkandalamkelancaran KBM.
Selainitusekolahjugamemberikanlayanan-layanan yang
khusus, sepertipadapemberianbeasiswabagisiswa yang kurangmampu,
memberikanpelayanankesehatanbagisemuakeluarga SMA MuhBantultermasukstaf,
karyawandanmuridkarenabekerjasamadengan RS PKU Bantul, mempromosikansekolahinikesekolah-sekolahmenengahpertamadenganmemberikan
seminar dll, mempertegasdanmembenahitatacaramendidikmurid agar
muridlebihbisaberfikirpositifdantekundalambelajar.
Kemudiansekolahinijugamemberikan program
baruyaituadanyakelaskhususbagisiswa yang inginatausuka di teknik, laluadanya
boarding school yang bekerjasamadenganpihakMu’alimin. Denganadanyapenambahan
program inisejauh yang penulisketahuisudahmenunjukkanadanyaperkembangan yang
baikdalammenumbuhkankepercayaanterhadapmasyarakatdanminatparasiswabaru.Hanyasajaboardingschoolinibaruberjalansekitarsatutahun,
dansejauh yang saya tau merekaatauparamurid yang ikut boarding school sudahmerasakannyamandengankegiatantersebut.
Begitulahpenulismemaparkananalisisnya,
semogaapa yang adadalammakalahinidapatmemberikaninformasiataugambarantentangpermasalahan
yang adapada SMA MUHAMMADIYAH BANTUL ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar